Category

Cara Install WordPress di cPanel dengan Softaculous

tampilan cpanel
Topik Pembahasan

Jika Anda sedang mencari cara untuk menginstall WordPress, maka cPanel bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Menginstall WordPress di cPanel memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah kemudahan dan fleksibilitas dalam memilih cara instalasi. Dalam cPanel, Anda bisa memilih untuk menginstall WordPress secara otomatis melalui Softaculous Apps Installer atau secara manual melalui File Manager.

Jika Anda memilih untuk menggunakan Softaculous Apps Installer, Anda akan dimudahkan dengan proses instalasi yang otomatis dan cepat. Softaculous merupakan aplikasi auto installer yang sudah terpasang di semua paket hosting yang ditawarkan oleh Mordenhost. Langkah-langkah untuk menginstall WordPress melalui Softaculous pun cukup mudah dan bisa diikuti dengan panduan yang lengkap.

Namun, jika Anda lebih suka menginstall WordPress secara manual melalui File Manager, cPanel juga menyediakan pilihan tersebut. Dalam proses instalasi WordPress melalui File Manager, Anda perlu mengunduh file instalasi WordPress terlebih dahulu, lalu mengunggahnya ke folder yang diinginkan di cPanel. Selanjutnya, Anda perlu membuat database MySQL dan menjalankan instalasi WordPress melalui browser.

Artikel ini akan membahas kedua cara instalasi WordPress di cPanel tersebut secara lengkap, sehingga Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menginstall WordPress di cPanel, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan Mordenhost yang siap membantu Anda.

Cara Instal WordPress di cPanel Softaculous

Metode instalasi pertama untuk WordPress di cPanel adalah dengan menggunakan Softaculous. Bagi mereka yang menggunakan Mordenhost, aplikasi auto installer ini sudah terintegrasi di semua paket hosting yang disediakan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Akun cPanel

Proses pemasangan WordPress di cPanel dapat dimulai dengan masuk ke akun cPanel. Anda dapat mengakses cPanel melalui URL yang telah diberikan saat Anda mendaftar untuk layanan hosting.

Jika Anda adalah pengguna layanan hosting dari Mordenhost, Anda juga dapat masuk ke akun cPanel melalui Member Area Mordenhost. Setelah itu, pilih akun website yang ingin Anda kelola dan klik opsi Kelola Layanan.

2. Akses Softaculous Auto Installer

Di halaman berikutnya, scroll ke bawah dan temukan menu Quick Shortcut ke cPanel.

Kemudian, klik tombol See All Feature cPanel yang akan membawa Anda ke halaman menu cPanel.

Di halaman cPanel, temukan menu Softaculous Apps Installer, dan pilih WordPress seperti ini:

3. Lakukan Instalasi WordPress

Kamu akan diarahkan ke halaman Pemasang Aplikasi Softaculous untuk melakukan instalasi WordPress. Pada halaman ini, klik Instal Sekarang.

Selanjutnya, Anda perlu mengisi informasi situs web berikut untuk proses instalasi:

  • Pilih Protokol: Jika Anda sudah memiliki SSL, disarankan untuk menginstal WordPress menggunakan protokol HTTPS.
  • Pilih Domain: Anda dapat memilih domain, subdomain, atau add-on domain yang ingin Anda gunakan untuk menginstal WordPress.
  • Di direktori: Jika Anda ingin menginstal WordPress dalam direktori tertentu, masukkan nama direktori tersebut di kolom ini. Kolom ini dapat dikosongkan jika Anda ingin menginstal WordPress di domain utama.
  • Pilih versi: Pilih versi WordPress yang ingin diinstal.
  • Nama Situs: Nama situs web WordPress Anda.
  • Deskripsi Situs: Deskripsi singkat tentang situs web Anda.
  • Aktifkan Multisite: Jika Anda ingin membuat beberapa situs web WordPress menggunakan instalasi WordPress yang sama, fitur ini dapat diaktifkan.
  • Nama Pengguna Admin: Nama pengguna administrator yang akan digunakan untuk situs web.
  • Kata Sandi Admin: Kata sandi akun administrator untuk situs web.
  • Email Admin: Alamat email yang aktif untuk menerima pemberitahuan dan permintaan reset kata sandi.
  • Pilih Bahasa: Pilih bahasa yang ingin digunakan dalam WordPress.
  • Pilih Plugin: Di bagian ini, Anda dapat menambahkan plugin ke situs web.
  • Opsi Lanjutan: Anda dapat mengubah Nama Database, Awalan Tabel, dan lokasi penyimpanan cadangan sesuai keinginan.
  • Pilih Tema: Pilih tema yang ingin digunakan. Jika Anda tidak memilih tema, tema default akan diinstal di situs web Anda.

Setelah semua informasi situs web diisi, klik Instal untuk memulai proses instalasi WordPress di cPanel.

4. Proses Instalasi WordPress Telah Selesai

Kalau proses instalasi berhasil, Anda akan mendapat notifikasi seperti ini:

Sampai sini, Anda sudah berhasil menginstal WordPress di Softaculous dengan baik. Sekarang, yuk pelajari juga bagaimana cara install WordPress melalui File Manager!

Cara Instal WordPress di cPanel melalui File Manager

Berikut langkah-langkah instalasi WordPress di cPanel dengan menggunakan File Manager:

1. Unduh File Instalasi WordPress

Langkah pertama dalam menginstal WordPress di cPanel adalah mengunjungi situs web resmi WordPress. Selanjutnya, download file instalasi dengan mengeklik tombol Download WordPress.

2. Akses cPanel

Akses cPanel dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Setelah masuk ke cPanel, pilih menu Pengelola File yang terletak dalam kategori File.

3. Unggah File WordPress ke cPanel

Buka folder di mana Anda ingin menyimpan file instalasi WordPress, biasanya di folder public_html. Lalu, klik opsi Unggah untuk mengunggah file WordPress.

Pilih file WordPress yang telah Anda download dengan mengklik Pilih File.

Tunggu sampai proses pengunggahan selesai, kemudian kembali ke folder public_html.

4. Ekstrak File WordPress

Selanjutnya, klik kanan pada file instalasi WordPress dan pilih opsi Ekstrak untuk mengekstrak semua file WordPress.

Akan muncul folder baru bernama WordPress. Buka folder tersebut dan pilih Pilih Semua. Kemudian, klik kanan dan pilih opsi Pindahkan untuk memindahkan file ke folder utama public_html.

Masukkan path /public_html di kolom yang tersedia, lalu klik Pindahkan File.

Setelah berhasil memindahkan semua file WordPress ke folder public_html, Anda dapat menghapus folder WordPress dan file instalasi WordPress .zip yang telah Anda unggah sebelumnya.

5. Buat Database MySQL

Langkah selanjutnya dalam cara menginstal WordPress di cPanel adalah membuat database MySQL di cPanel. Anda dapat melakukannya melalui menu Database MySQL atau menggunakan Wizard Database MySQL.

Dalam tutorial ini, kami akan menggunakan Wizard Database MySQL.

Masukkan nama database baru pada kolom yang tersedia. Sebagai contoh, kami akan menggunakan nama db_baru. Selanjutnya, klik Langkah Selanjutnya.

Selanjutnya, Anda perlu membuat pengguna database dengan memasukkan username dan password. Setelah itu, klik tombol Buat Pengguna.

Kemudian, Anda akan diminta untuk menambahkan pengguna baru ke database baru. Pilih opsi SEMUA PRIVILEGES, lalu klik tombol Simpan Perubahan.

Setelah itu, klik tombol Langkah Selanjutnya. Anda akan menerima notifikasi bahwa database telah berhasil dibuat seperti berikut:

6. Jalankan Instalasi WordPress

Setelah berhasil membuat database, saatnya untuk menjalankan instalasi WordPress. Pada langkah ini, buka nama domain Anda pada browser.

Pilih bahasa yang akan digunakan dalam WordPress. Lalu, klik Ayo Mulai untuk menghubungkan WordPress dengan database yang telah Anda buat.

Setelah itu, isi informasi database MySQL termasuk nama database, username, dan password dengan menggunakan detail database Anda. Untuk kolom Host Database dan Awalan Tabel, biarkan nilai default seperti ini:

Klik tombol Kirim setelah selesai. Jika koneksi database berhasil, Anda akan menerima pesan seperti ini:

Sekarang, klik tombol Jalankan Instalasi untuk memulai proses instalasi WordPress.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi situs web berikut ini:

  • Judul Situs: Judul situs web Anda.
  • Nama Pengguna: Nama pengguna administrator yang akan digunakan untuk login ke halaman admin.
  • Kata Sandi: Kata sandi administrator yang akan digunakan untuk login ke halaman admin.
  • Email Anda: Alamat email administrator.
  • Visibilitas Mesin Pencari: Beri tanda centang pada opsi ini jika Anda ingin mencegah mesin pencari membaca situs web Anda.

Jangan lupa, klik Instal WordPress.

7. Instalasi WordPress di cPanel Berhasil

Jika proses instalasi WordPress berhasil, Anda akan menerima pesan sebagai berikut:

Klik tombol Masuk untuk masuk ke halaman admin WordPress.

Sudah Siap Install WordPress di cPanel?

Dari artikel ini, Anda telah mempelajari cara menginstal WordPress di cPanel. Langkah-langkahnya cukup mudah untuk diikuti.

Namun, dari dua metode di atas, instalasi WordPress melalui Softaculous lebih mudah dan cepat karena berjalan secara otomatis. Untungnya, pengguna layanan web hosting Mordenhost dapat menikmati fitur Pemasang Otomatis tersebut.

Tidak hanya itu, Mordenhost juga menyediakan WordPress Hosting yang menawarkan Update Otomatis WordPress untuk memperbarui plugin, tema, dan versi WordPress secara otomatis, Manajemen WordPress yang memudahkan Anda dalam mengelola WordPress, hingga Pengakselerasi WordPress yang meningkatkan kecepatan akses website.

Jadi tunggu apa lagi, ayo berlangganan WordPress Hosting sekarang juga!

Topik Pembahasan
Bagikan Post ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *