Category

Apa Itu Yandex? Mesin Pencari dari Rusia yang Mengguncang Dunia

yandex
Topik Pembahasan

Yandex adalah search engine buatan Rusia dan merupakan salah satu pesaing utama Google. Saat ini, Yandex menjadi mesin pencari terbesar dan populer keempat di dunia setelah Google, Bing, dan Yahoo!.

Di tahun 2023, Yandex memiliki market share sebesar 0.85%. Bahkan per bulan Februari 2023, mesin pencari Yandex menerima 3.5 miliar kunjungan bulanan! Sebagian besar penggunanya adalah masyarakat Rusia, Belarus, Kazakhstan, Turki, dan Ukraina.

Meski begitu, Yandex juga mulai populer bagi masyarakat Indonesia, lho. Karena, mesin pencari ini menawarkan berbagai keunikan yang membuat pengguna terbantu dengan hasil pencariannya.

Mau tahu lebih lanjut tentang apa itu Yandex? Mari kenali lebih dalam seluk beluknya yuk!

Apa Itu Yandex?

Yandex adalah mesin pencari buatan Rusia yang memiliki fungsi mirip dengan Google. Yandex merupakan kepanjangan dari “Yet Another iNDEXer”. Sama seperti Google, fungsi Yandex adalah menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu di internet.

Yandex memiliki teknologi location-based search yang unik. Artinya, pengguna mesin pencari Yandex dapat menyempitkan hasil pencarian berdasarkan lokasi negara mereka. Sehingga, meskipun kata kuncinya sama, hasil pencarian dapat berbeda.

Ketika mencari informasi tentang Yandex di internet, Anda mungkin akan menemukan kata-kata seperti “arti Yandex dalam bahasa gaul”. Namun, sebenarnya, Yandex adalah mesin pencari yang dapat Anda gunakan untuk menemukan berbagai informasi atau konten yang diblokir oleh Google.

Asal muasal kata Yandex dalam bahasa gaul, biasanya digunakan sebagai “kode” bagi orang-orang yang suka menjelajahi konten tertentu. Misalnya, “Aku mau nge-Yandex ah!”, yang biasanya menandakan bahwa orang tersebut akan mencari konten yang tidak ditampilkan di Google.

Demikianlah pengertian Yandex dari beberapa sudut pandang. Namun, sebelum menjadi populer seperti sekarang, Yandex memiliki sejarah yang panjang. Yuk, kita lihat!

Sejarah Yandex

Pada awalnya, Yandex hanya merupakan program pencari teks. Namun sekarang, Yandex telah berkembang menjadi perusahaan yang memiliki berbagai produk dan layanan.

Pada tahun 1990, Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan perusahaan kecil bernama “Arkadia.Intelligent Projects”. Perusahaan ini mengembangkan software MS-DOS untuk menelusuri teks Alkitab serta klasifikasi barang dan paten.

Pada tahun 1993, Arkadia bergabung dengan Comptek Internasional. Di tahun yang sama, Arkadia meluncurkan program pencarian baru.

Arkady Volozh dan temannya, Ilya Sagalovich, memikirkan nama yang tepat untuk program ini dan muncullah kata “yet another indexer”, yang disingkat menjadi Yandex.

Baru pada September 1997, program tersebut diluncurkan dengan domain www.yandex.ru. Sejak saat itu, layanan Yandex yang lain pun mulai diluncurkan, mulai dari Yandex Browser, Yandex Disk, Yandex Mail, dan masih banyak lagi.

Selain mesin pencari, salah satu layanan terpopuler Yandex adalah aplikasi web browser Yandex, yang bisa didownload dari toko aplikasi perangkat Anda.

Pada bagian selanjutnya, akan dijelaskan beberapa produk dan layanan Yandex beserta fitur-fiturnya.

Produk dan Layanan Yandex

Beberapa produk dan layanan Yandex tersedia secara luas dan dapat diakses secara online melalui browser, serta terdapat aplikasi untuk perangkat seluler.

Berikut adalah beberapa produk dan layanan Yandex yang telah diluncurkan:

  • Yandex Browser memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai mesin pencari di internet, termasuk Yandex Search. Fitur utamanya meliputi SmartBox, panel samping untuk mempermudah akses layanan, pintasan keyboard, dan banyak lagi.
  • Yandex Images memudahkan pengguna untuk menemukan gambar dengan berbagai ukuran, orientasi, warna, hingga format file yang berbeda.
  • Yandex Video memungkinkan pengguna untuk mencari berbagai video di internet dengan mudah.
  • Yandex Translate mampu menerjemahkan bahasa asing ke bahasa lainnya.
  • Yandex Disk berfungsi sebagai penyimpanan file pada server cloud, serupa dengan Google Cloud.
  • Yandex Mail adalah layanan email yang dapat digunakan secara gratis.
  • Yandex Ads adalah platform yang mendukung pemasaran online melalui fitur-fitur seperti pembuatan iklan, monetisasi, analitik, dan lainnya.

Meskipun Yandex dan Google dapat terlihat serupa, terutama dalam hal mesin pencarian, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini akan dibahas lebih lanjut pada bagian selanjutnya.

Perbedaan Google dan Yandex

Meskipun Google dan Yandex sama-sama populer dengan mesin pencarinya di internet, fitur utama keduanya berbeda. Yandex lebih menekankan SEO lokal daripada Google. Artinya, Yandex menampilkan hasil berdasarkan wilayah tertentu.

Itulah mengapa hasil pencarian di Yandex bisa berbeda-beda sesuai lokasinya. Sebagai contoh, lihat hasil untuk kata kunci “SEO Local” pada Yandex Rusia dan Yandex Italia berikut.

Selain itu, tampilan konten pada Google dan Yandex juga berbeda. Sebagai contoh, kata kunci “hosting adalah” untuk negara Indonesia.

Seperti yang terlihat di gambar, Google menawarkan berbagai format snippet alias cuplikan konten yang variatif. Seperti rich answer, People Also Asked, hingga right-sidebar featured snippet.

Meski tidak sedetail Google, Yandex menampilkan rekomendasi konten dengan berbagai format baik artikel, video, maupun gambar.

Sekarang, Anda sudah tahu bahwa mesin pencari Google dan Yandex cukup berbeda. Meski begitu, setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau Anda penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Yandex, mari simak di bawah ini.

Kelebihan Yandex

Mesin pencari Yandex populer di kalangan masyarakat Rusia dan berbagai negara lainnya. Berikut adalah kelebihannya:

  1. Tampilan antarmuka pengguna yang sederhana. Bagi pengguna awam ataupun mereka yang sudah terbiasa menggunakan Google, menggunakan mesin pencari ini akan sama mudahnya.
  2. Ketersediaan fitur lengkap. Lewat mesin pencari ini, pengguna bisa mencari dan mengakses berbagai format informasi dengan mudah, mulai dari gambar, video, menerjemahkan bahasa, hingga mengakses layanan Yandex lainnya seperti Yandex Disk, Yandex Mail, dan Yandex Ads.
  3. Menampilkan hasil pencarian sesuai lokasi. Teknologi location-based search membuat mesin pencari ini menampilkan hasil yang relevan sesuai lokasi Anda.
  4. Kemampuan terjemahan untuk pencarian berbahasa Rusia lebih baik. Yandex mampu memberikan hasil pencarian bahasa Rusia dengan lebih detail daripada Google ataupun mesin pencari umum lainnya.

Kekurangan Yandex

Selain memiliki kelebihan, mesin pencari Yandex juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Secara default, navigasi Yandex menggunakan bahasa Rusia. Pengguna yang menggunakan bahasa lain perlu mengatur ulang konfigurasi bahasa dan region sesuai kebutuhan.
  2. Kumpulan informasi yang disajikan masih kurang lengkap dan terperinci dibandingkan Google.
  3. Algoritma web crawler belum sepenuhnya canggih, sehingga masih menampilkan hasil pencarian yang kurang relevan.
  4. Waktu tunggu untuk menampilkan hasil pencarian terbilang lambat.

Pertanyaan Lain Tentang Apa Itu Yandex

Masih ingin tahu selengkapnya tentang mesin pencari buatan negara Rusia ini? Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang Yandex:

1. Apakah Yandex Termasuk Web Browser?

Yandex menyediakan berbagai produk dan layanan, salah satunya adalah Yandex Browser. Aplikasi web browser ini digunakan untuk mencari berbagai informasi maupun menggunakan produk Yandex lainnya.

2. Apakah Yandex Aman?

Menurut riset Trinity College Dublin di tahun 2020, Yandex Browser dianggap sebagai web browser paling tidak aman. Meski begitu, Yandex tetap memperbarui sistem keamanannya, antara lain dengan memindai file dari virus, memblokir situs web yang terinfeksi, dan menghilangkan iklan penipuan.

3. Apakah Yandex Harus Pakai VPN?

Pengguna tidak harus mengaktifkan VPN untuk menggunakan mesin pencari ini.

Anda Tertarik Mencari Informasi dengan Yandex?

Sekarang, Anda sudah tahu apa itu Yandex, beserta kelebihan dan kekurangan salah satu mesin pencari terbesar ini.

Singkatnya, Yandex adalah mesin pencari buatan Rusia yang berfungsi untuk mencari berbagai informasi melalui kata kunci yang dimasukkan oleh penggunanya.

Namun, seperti halnya mesin pencari lainnya, Yandex juga memiliki kekuatan dan keterbatasan. Meskipun Yandex bagus untuk SEO lokal, algoritma yang digunakan untuk menentukan ranking situs masih kurang akurat.

Bagi pemilik website, hal ini mungkin menjadi tantangan tersendiri. Karena mereka ingin website mereka tampil di halaman teratas mesin pencarian mana pun.

Topik Pembahasan
Bagikan Post ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *