Category

SSL gratis dari Let’s Encrypt

Topik Pembahasan

Kamu pengguna internet aktif yang sering buka-buka situs web? Pasti kamu pernah lihat situs yang ada tanda gembok kecil di sebelah kiri alamat website-nya, kan? Nah, itu tandanya situs tersebut menggunakan protokol SSL (Secure Socket Layer) untuk menjaga keamanan informasi saat kamu mengaksesnya. Dan yang seru, sekarang kamu bisa dapatkan SSL secara gratis dari Let’s Encrypt, lho!

Apa itu Let’s Encrypt?

Let’s Encrypt adalah organisasi nirlaba yang berasal dari Electronic Frontier Foundation (EFF), Internet Security Research Group (ISRG), dan University of Michigan. Tujuannya sederhana, yaitu untuk memperkenalkan dan menyediakan SSL secara gratis untuk meningkatkan keamanan internet. Jadi, gak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal untuk membeli sertifikat SSL.

Kenapa mesti pake SSL dari Let’s Encrypt?

Nah, keamanan situs web kamu jadi lebih terjamin nih kalau kamu pake SSL dari Let’s Encrypt. Selain itu, SSL juga bisa bikin situs web kamu terlihat lebih profesional dan terpercaya di mata pengunjung. Kalau kamu pengusaha online, hal ini tentunya sangat penting buat membangun citra bisnis kamu, kan?

Terus, SSL dari Let’s Encrypt ini juga bisa bikin situs kamu lebih SEO-friendly. Jadi, mesin pencari kayak Google bakalan lebih suka dan memberi peringkat yang lebih tinggi buat situs web yang pake SSL. Nah, kalau pengunjung situs kamu semakin banyak, artinya kamu bisa tambah untung dan terkenal di dunia maya.

Menambahkan SSL Let’s Encrypt di Hosting Plesk

Jika kamu ingin menambahkan SSL gratis dari Let’s Encrypt di panel Plesk, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama-tama, login ke panel Plesk kamu dan masuk ke menu “Websites & Domains”. Pilih domain yang ingin kamu tambahkan SSL Let’s Encrypt-nya.

Kemudian, klik menu “Security” dan pilih opsi “SSL/TLS Certificates”. Setelah itu, klik tombol “Get it free” untuk memulai proses penerbitan SSL dari Let’s Encrypt.

Pada halaman berikutnya, pastikan semua kolom isian terisi dengan benar. Kamu bisa memilih jenis sertifikat yang ingin digunakan, apakah untuk domain utama atau subdomain. Pastikan juga untuk memasukkan alamat email yang valid, karena Let’s Encrypt akan mengirimkan notifikasi mengenai masa berlaku SSL.

Setelah itu, klik tombol “Install” dan tunggu beberapa saat hingga proses penerbitan dan instalasi SSL selesai. Jika tidak ada masalah, maka SSL dari Let’s Encrypt sudah berhasil diaktifkan di domain kamu.

Kamu bisa memeriksa apakah SSL sudah aktif dengan cara mengunjungi website kamu menggunakan protokol https. Pastikan juga untuk menambahkan redirection ke website kamu agar secara default menggunakan https, sehingga pengunjung website kamu akan selalu terhubung secara aman melalui SSL.

Kesimpulan

Dengan menambahkan SSL dari Let’s Encrypt di panel Plesk, website kamu akan lebih aman dan terlindungi dari serangan cyber. SSL juga dapat meningkatkan kepercayaan dari pengunjung website dan membantu meningkatkan ranking di mesin pencari.

Topik Pembahasan
Bagikan Post ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *