mordenhost




$1000 WordPress Launch Checklist

Panduan langkah demi langkah ini akan memastikan Anda tidak melupakan langkah penting apa pun untuk meluncurkan situs web Anda.

Konten

Konten adalah jantung dari situs web apa pun. Ini akan membuat pengguna dan mesin pencari tahu tentang situs Anda. Sangat penting untuk mendapatkan konten sejak awal. Poin-poin berikut akan membantu Anda melakukannya.

Ganti Konten Dummy
Periksa situs Anda untuk teks placeholder (seperti Lorem ipsum) dan pastikan konten aktual (disetujui klien) sudah ada.

Mengoreksi
Tidak ada yang mengatakan “tidak profesional” lebih dari kesalahan tata bahasa dan ejaan, jadi periksa kembali semua teks di situs untuk kesalahan dan kemudian periksa lagi.

Format Konten Tertulis
Tata letak penting untuk membuat situs Anda menarik dan mudah dikonsumsi. Hindari blok teks yang besar, gunakan paragraf, dan jangan lupa tentang heading!

Periksa Gambar Placeholder
Setiap visual stand-in juga harus dihapus dan diganti dengan gambar yang sebenarnya.

Pergi Melalui Video dan File Audio
Yang terakhir ini juga diperhitungkan untuk jenis media lainnya. Pastikan file yang tepat berada di tempat yang tepat dan berfungsi dengan baik.

Periksa Tautan Halaman
Pastikan tidak ada tautan yang rusak, tautan internal mengarah ke tempat yang seharusnya, dan tautan eksternal terbuka di tab baru.

Periksa File yang Dapat Diunduh
Jika Anda memiliki yang dapat diunduh, pastikan itu sudah dikoreksi, ditautkan dengan benar dan sebenarnya dapat diunduh.

Siapkan Halaman Kesalahan 404
Meskipun sebagian besar tema memiliki halaman default untuk konten yang tidak dapat ditemukan, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menyiapkan halaman kesalahan 404 khusus. Either way, pastikan ada halaman bagi mereka yang masuk ke situs Anda melalui link yang salah.

Terapkan Halaman Kontak
Pengunjung halaman penting lainnya akan menghargai adalah halaman kontak. Gunakan plugin seperti Jetpack, Contact Form 7, dan Fast Secure Contact Form untuk menyiapkan cara mudah bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan Anda.

Siapkan Pengalihan
Jika ada kebutuhan untuk pengalihan apa pun (seperti untuk mempertahankan jus tautan dari situs lama), pastikan semuanya diatur dengan benar. Redirection adalah alat yang sangat baik untuk ini.

Siapkan Konten Peluncuran
Untuk membantu situs web Anda memulai dengan langkah yang benar, masuk akal untuk menyiapkan beberapa pos untuk dibagikan di jejaring sosial saat diluncurkan.

Desain.

Desain yang baik memastikan bahwa konten web disajikan dengan cara terbaik di berbagai perangkat dan pengaturan pengguna. Ini sering kali dapat berarti lebih banyak pekerjaan, tetapi itu pasti sepadan.

Validasi Markup HTML
Untuk menghindari ketidaksesuaian, gunakan alat seperti Layanan Validasi Markup W3C untuk memeriksa semua halaman situs Anda mematuhi standar web.

Validasi CSS
Apa yang berlaku untuk HTML juga berlaku untuk gaya Anda, dan Anda dapat menggunakan alat ini untuk itu.

Pratinjau Situs di Peramban Utama
Untuk menemukan masalah kompatibilitas lintas-browser, lihat situs Anda di Firefox, Chrome, Safari, Internet Explorer/Microsoft Edge, dan browser lawas apa pun yang ingin didukung klien Anda. Lihat terutama pada gambar dan video. Alternatifnya adalah menggunakan layanan seperti Browsershots.

Periksa Desain Responsif
Seluler mendatangkan banyak lalu lintas akhir-akhir ini dan memiliki situs yang terlihat bagus di perangkat seluler adalah suatu keharusan. Untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal, uji desain Anda di berbagai gadget (ponsel dan tablet) dan platform (Android, iOS) dan/atau gunakan sesuatu seperti MobileTest.me.

Gunakan Alat Pengujian Seluler Google
Selain pengujian manual, Google juga menawarkan alat pengujian seluler dengan banyak masukan yang bermanfaat. Cukup masukkan URL Anda dan itu akan menjalankan analisis lengkap situs Anda.

Optimalkan Gambar
Mengurangi ukuran gambar sebanyak mungkin (tanpa mengurangi kualitas, tentu saja) akan meningkatkan waktu buka halaman dan dengan demikian pengalaman pengguna dan SEO. TinyPNG dan RIOT dapat melakukan ini untuk Anda.

Tambahkan Favicon
Mungkin salah satu bagian desain situs web yang paling sering dilupakan, favicon muncul di tab browser dan membuat Anda terlihat lebih profesional. Untungnya Favicomatic akan dengan mudah membuatnya untuk Anda.

Tautkan Logo Tajuk Kembali ke Beranda
Pertama-tama, pastikan logo perusahaan Anda ada di header. Kedua, periksa apakah itu menautkan kembali ke halaman awal (situs Anda yang sebenarnya, bukan situs pengembangan) sehingga pengguna dapat kembali ke sana dengan cepat.

Siapkan Lembar Gaya Cetak
Untuk pengguna yang ingin membuat konten Anda di atas kertas (karena itu bagus!), Anda dapat membuat tugas lebih mudah dengan stylesheet cetak. Codex WordPress dapat memberi tahu Anda cara membuatnya.

Fungsionalitas.

Jika situs web Anda tidak melakukan apa yang seharusnya, tidak ada jumlah konten dan desain yang akan menggantikannya. Oleh karena itu, periksa semua fungsi penting sebelum pengguna kehidupan nyata melakukannya.

Formulir Web Uji Coba
Formulir apa pun yang Anda miliki di situs Anda (kontak, pesanan, survei, dll.) memastikan bahwa mereka mengirimkan data dengan benar dan email formulir itu tiba di tempat yang tepat.

Konfirmasi Pesan dan Tanda Terima Formulir
Demikian juga, apakah pengguna mendapatkan pesan bantuan yang relevan dan apakah mereka dipindahkan ke tempat yang tepat setelah mengirimkan data? Saatnya untuk mencari tahu.

Tinjau Tanggapan Otomatis
Jika Anda memiliki email otomatis apa pun, pastikan email tersebut berfungsi dengan benar.

Periksa Kecepatan Situs Anda
Gunakan GTMetrix atau Google Page Speed Insights untuk memeriksa kecepatan situs Anda dan mendapatkan rekomendasi khusus tentang cara membuat situs Anda lebih cepat.

Uji Fungsi Berbagi Sosial
Periksa apakah berbagi sosial ada, berfungsi dengan baik, dan menyertakan platform dan profil yang tepat.

Cobalah Umpan Situs
Jika Anda memiliki RSS, berita, sosial, atau umpan lain di situs WordPress Anda, pastikan mereka berfungsi sebagaimana mestinya sebelum peluncuran situs.

Terapkan Pedoman Aksesibilitas
Aksesibilitas menjadi semakin penting di seluruh web. Baca artikel ini tentang cara menerapkannya di WordPress, terutama jika Anda diharuskan oleh hukum.

Uji Alat Pihak Ketiga
Jika Anda menggunakan alat eksternal untuk CRM, e-niaga, pemasaran, atau yang lainnya, periksa kembali apakah alat tersebut ada di tempat dan lakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.

SEO.

Tentu saja, Anda ingin memastikan situs baru Anda terlihat oleh mesin telusur sejak awal dan mereka segera mulai mengindeksnya. Untuk melakukannya, perhatikan poin-poin berikut.

Instal dan Konfigurasikan Plugin SEO
Sementara WordPress dikonfigurasi dengan baik untuk SEO apa adanya, plugin SEO seperti Yoast SEO atau All-in-One SEO Pack akan membawanya ke tingkat berikutnya dan seterusnya.

Tetapkan Judul Situs dan Tagline
Jika plugin SEO Anda belum menangani judul dan tagline situs Anda, pastikan untuk mengaturnya di bawah Pengaturan > Umum.

Konfigurasikan Halaman SEO dan Judul Posting
Semua halaman dan posting di situs Anda harus memiliki judul unik dengan kurang dari 70 karakter yang menyertakan kata kunci yang dioptimalkan untuk masing-masing.

Terapkan Deskripsi Meta
Demikian juga, buat deskripsi meta yang unik dan ekspresif untuk semua posting dan halaman yang menyertakan kata kunci dan panjangnya kurang dari 156 karakter.

Siapkan Permalinks
Pastikan struktur permalink diatur sesuai keinginan Anda (Pengaturan > Permalinks) dan setiap URL halaman berisi kata kunci utamanya.

Optimalkan Gambar (Lagi)
Juga, periksa nama file gambar, deskripsi, dan tag ALT untuk penyertaan kata kunci dan pastikan setiap gambar dikompresi untuk waktu pemuatan cepat (lihat di atas).

Setel Kata Kunci Fokus
Jika Anda menggunakan plugin SEO, setiap posting dan halaman juga harus memiliki kata kunci fokus yang ditentukan. Ini akan memberi Anda informasi penting tentang cara mengoptimalkannya lebih lanjut.

Bekerja Melalui Analisis Konten
Ketika Anda telah menetapkan kata kunci fokus untuk sebuah situs, pastikan untuk membaca tips di dalam analisis konten untuk mencapai hasil terbaik.

Buat Peta Situs
Yoast SEO dan Google XML Sitemaps dapat membantu Anda menyiapkan peta situs untuk dibagikan dengan mesin pencari. Jika Anda masih bekerja di lingkungan pengembangan, lewati langkah ini hingga Anda memindahkan situs ke tujuan akhirnya.

Siapkan Metadata
Periksa tag meta untuk umpan sosial dan RSS dan apakah mereka diatur dengan benar, sesuai, dan mengoreksi. Jangan lupa untuk menerapkan tag opsional seperti rel=”nofollow”.

Pemasaran.

Saat meluncurkan situs baru, tidak hanya penting untuk membuat kesan yang baik di mesin pencari, tetapi juga pengunjung manusia. Mengindahkan poin-poin berikut akan membantu Anda memulai mesin pemasaran Anda.

Terapkan Pendaftaran Buletin
Sudahkah Anda menyertakan formulir pendaftaran di semua tempat penting? Pikirkan tidak hanya halaman tetapi juga popup dan petunjuk lainnya. Lihat SumoMe untuk sejumlah besar kemungkinan untuk mengembangkan daftar Anda.

Terhubung Dengan Penyedia Pemasaran Email
Saat Anda menyertakan formulir, pastikan formulir itu juga ada di suatu tempat dan kumpulan email berfungsi dengan baik. MailChimp adalah alat favorit di area ini.

Siapkan Ikon Sosial
Periksa ikon sosial Anda untuk kelengkapan, fungsionalitas yang tepat, dan apakah ikon tersebut tertaut ke alamat yang benar. Plus, jika Anda belum melakukannya, lihat apakah berbagi sosial berfungsi sebagaimana mestinya.

Lihat Profil Sosial
Saat Anda melakukannya, periksa profil sosial apa pun yang dimiliki situs untuk konsistensi desain dan apakah semua info yang ditemukan di sana benar dan terbaru.

Hukum.

Merawat sisi hukum pembuatan situs web bisa menjadi topik yang sedikit kering tetapi itu adalah kejahatan yang diperlukan. Tidak mematuhi persyaratan hukum yang diperlukan dapat menjadi hambatan besar bagi pengunjung situs dan benar-benar dapat membuat Anda mendapat masalah, jadi jangan lewatkan bagian ini.

Tampilkan Detail Perusahaan
Membuat detail kontak Anda mudah dijangkau dari mana saja di situs adalah tanda kepercayaan dan seringkali wajib. Sertakan info penting seperti pendaftaran pajak, dll jika perlu.

Dapatkan Lisensi yang Diperlukan
Jika Anda menggunakan gambar, font, kode, plugin, dll. yang memerlukan lisensi, berhati-hatilah agar semuanya ada dan dinyatakan sesuai kebutuhan.

Sertakan Catatan Hak Cipta
Pada topik terkait, sertakan pernyataan hak cipta jika perlu.

Berikan Kebijakan Privasi
Diperlukan di beberapa tempat oleh hukum, kebijakan privasi resmi selalu merupakan ide yang baik untuk menciptakan kepercayaan saat mengumpulkan data apa pun.

Sertakan Syarat dan Ketentuan
Jangan lupa T&C itu! Apalagi jika Anda seorang e-commerce shop atau yang berurusan dengan transaksi dan uang, hal ini mutlak harus dimiliki.

Terapkan Peringatan Cookie
Khususnya di UE, peringatan cookie telah menjadi hukum negara. Meskipun banyak orang tidak menyukai cookie karena mereka dapat mengacaukan desain mereka, Anda dapat menghemat banyak kerumitan hukum dengan memasukkannya ke situs Anda sesuai kebutuhan.

Perhatikan Persyaratan Lokal
Wilayah Anda mungkin memiliki tuntutan hukum khusus untuk tindakan anti-spam, pemrosesan kartu kredit, dan banyak lagi. Pastikan Anda mendapatkan informasi dan situs Anda mematuhinya.

Bersiap untuk peluncuran.

Sekarang kita sampai pada hitungan mundur terakhir (Anda dipersilakan untuk memasukkan lagu itu ke dalam kepala Anda). Jangan malas-malasan sekarang, masih ada hal penting yang harus kita lakukan!

Produk Lisensi
Jika situs Anda menjalankan komersial, plugin atau tema pihak ketiga, mungkin perlu memperbarui lisensi mereka untuk domain baru.

Aktifkan Caching Situs
Memiliki solusi caching selalu merupakan ide bagus untuk mempercepat situs Anda. Solusi populer termasuk WP Super Cache, W3 Total Cache dan WP Rocket. Penyedia hosting terkelola akan menangani caching untuk Anda.

Hubungkan ke CDN
Untuk situs web yang lebih cepat dan jika Anda menggunakan layanan seperti itu, jangan lupa untuk mengatur jaringan pengiriman konten Anda. Jika Anda mencari solusi gratis, Photon mungkin layak untuk dilihat. Sebagian besar penyedia hosting terkelola menawarkan layanan CDN.

Siapkan Google Analytics
Mengumpulkan data penggunaan penting untuk melacak kinerja situs dan membuat keputusan yang tepat. Meskipun ada solusi analitik lain di pasar, kebanyakan dari kita menggunakan Google. Google Analytics oleh Yoast membuat penyiapan menjadi mudah.

Hubungkan Alat Webmaster Google
Saat Anda melakukannya, integrasikan situs dengan suite webmaster Google.

Membersihkan
Terakhir, kecuali Anda menyimpannya sebagai situs pementasan, pastikan untuk menghapus file lama dan tidak dibutuhkan, database, subdomain, dan sisa situs pengembangan lainnya.

Cadangan dan keamanan.

Anda pikir kami sudah selesai, bukan? Namun, sebelum mengirim situs Anda ke dunia Internet yang menakutkan, kami harus memastikannya aman dan terlindungi.

Instal dan Solusi Anti-Spam
Percayalah, jika Anda memiliki lalu lintas apa pun, Anda akan mendapatkan spam di situs Anda. Banyak sekali. Menggunakan solusi seperti Akismet atau Antispam Bee akan membantu Anda menghadapi yang terburuk.

Terapkan Perlindungan Masuk
Halaman login adalah salah satu bagian paling rentan dari situs WordPress Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan uji tuntas dalam menjaganya agar tetap aman. Selain nama pengguna dan kata sandi yang tepat, plugin seperti Login Lockdown akan membantu Anda melakukannya.

Siapkan Solusi Cadangan
Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada kehilangan seluruh situs Anda adalah tidak memiliki cara untuk mengembalikannya. Oleh karena itu, menyiapkan solusi pencadangan untuk data situs dan database Anda adalah langkah pra-peluncuran wajib. Lakukan sekarang dan terima kasih nanti. Penyedia hosting terkelola akan menangani pencadangan untuk Anda.

Verifikasi Cadangan
Namun, rencana cadangan hanya bagus jika benar-benar berfungsi. Jadi, sebelum Anda melanjutkan, buat cadangan pertama Anda dan verifikasi bahwa itu berhasil disimpan di lokasi yang ditentukan (semoga jauh).

Perbarui Kata Sandi Admin
Jika Anda belum menyiapkan kata sandi yang aman, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Juga, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman seperti LastPass.

Meluncurkan.

Baiklah, saatnya telah tiba untuk menempatkan situs Anda di luar sana. Ini adalah saat yang telah Anda tunggu-tunggu dan mungkin Anda kerjakan selama berminggu-minggu. Jadi, ambil napas dalam-dalam dan wujudkan!

Nonaktifkan “Mencegah Mesin Pencari”
Di dasbor WordPress, di bawah Pengaturan> Membaca hapus centang pada kotak yang mengatakan “Hatikan mesin pencari untuk mengindeks situs ini.” Jika tidak, Anda dapat menunggu lama hingga lalu lintas organik muncul.

Periksa ROBOTS.TXT
Dalam nada yang sama, jika Anda telah menyiapkan file robots.txt, pastikan untuk menghapus atau mengkonfigurasi ulang agar mesin telusur tidak keluar dari situs langsung.

Bangun Peta Situs
Jika Anda belum melakukannya saat memeriksa pengaturan SEO Anda, sekarang saatnya untuk membuat peta situs. Setelah itu, pastikan untuk mengirimkannya ke mesin pencari mana pun yang Anda pedulikan tentang peringkat.

Promosikan Situs Anda
Akhirnya, saatnya memberi tahu semua orang tentang situs tersebut. Posting konten peluncuran Anda di media sosial, kirim email ke semua orang yang Anda kenal, teriakkan dari atap rumah – Anda telah mendapatkannya!

Riza Bahasuan

Riza Bahasuan

CEO Mordenhost

Post Category

More

Latest Post

Memilih WordPress Hosting

Jadi, Anda ingin memilih hosting WordPress yang tepat untuk proyek Anda? Itu luar biasa: pilihan Anda dalam hosting sangat penting. Hosting yang baik adalah mesin yang diminyaki dengan baik yang mendukung Anda dalam memenuhi tujuan Anda secara online. Dan hosting yang...

ultimate freelancer toolkit

Related Posts

Memilih WordPress Hosting

Jadi, Anda ingin memilih hosting WordPress yang tepat untuk proyek Anda? Itu luar biasa: pilihan Anda dalam hosting sangat penting. Hosting yang baik adalah mesin yang diminyaki dengan baik yang mendukung Anda dalam memenuhi tujuan Anda secara online. Dan hosting yang...